Sekedar Info : “ Para pendukung dan Para Pengikutnya banyak berkeliaran di WordPress.com. dan Kepada para pengikutnya saya undang untuk berkomentar “ ! dan kepada yang bukan silahkan berkomentar juga

Ada sebuah judul buku yang pernah penulis baca ditahun 1997 yang lalu. Dimana isi buku tersebut menampilkan 4 tokoh islam yang dianggap sebagai Lokomotifnya Islam di Indonesia. Namun satu Diantaranya sudah Meninggal alias “Modar”. Tapi ide dan Gagasannya suka dijadikan sebagai bahan rujukan oleh sebagian kalangan yang memang mendukung ide dan gagasan tersebut. Tiga tokoh yang lainnya masih diberi kesempatan oleh Tuhan untuk hidup dan berkeliaran dimuka bumi ini. Keempat tokoh ini memang kerap menimbulkan Kontroversial atas ide dan gagasan yang diusungnya. Setiap kali ide dan gagasan mereka lontarkan, Maka hal ini menjadi Isu dan wacana Publik Yang menjadi bahan perbincangan masyarakat. Memang keempat tokoh tersebut mirip seperti “seleb”. Hanya mungkin perbedaannya dengan para artis adalah pada provesi dan bidang garapan saja. Ketiga tokoh yang masih berkeliaran tersebut masih sering menjadi sorotan publik dan media masa. Ibaratnya, mereka seperti produsen yang masih bisa dan membuat Ide dan gagasan yang masih layak untuk dijual. Dan hal ini terbukti setiap kali mereka melemparkan dan menjual ide kepasaran publik, maka ini ide dan gagasan tersebut menjadi Isu dan wacana yang kerap menimbulkan pro dan kontra. Mereka yang masih hidup ini masih menerima undang untuk mengisi pertemuan yang dianggap sebagai sebuah kepentingan publik walau tidak sesering dahulu baik diluar atau didalam negri. Keempat tokoh ini mempunyai garapan yang berbeda. Tapi ada pula persamaanya. Mereka dianggap sebagai delegasi yang mewakili pemikiran umat Islam Indonesia.Apa Benar? Kita bahas satu persatu siapa mereka !

Tokoh Pertama. Dia sudah modar alias meninggal. Dalam posting ini penulis tidak ingin menceritakannya. Karena memang terlarang untuk membicarakan yang sudah mati. Dan dinegeri yang baka, penulis tidak tau sedang apa dan sedang diapakan dia atas tindakan dan amalannya sewaktu didunia. Karena memang penulis belum punya pengalaman kenegri baka. Atau jika saja ada yang sudah pengalaman dinegeri baka silahkan berkomentar. Jadi Maaf saja. Tapi para pendukung dan pengikutnya idenya banyak yang berkeliaran dilingkungan wordpress.com. Mereka mengusung ide dan gagasan yang pernah disampaikannya.

Tokoh kedua. Mempunyai ide dan gagasan ingin menjembatani dua madzah dalam islam yang kerap dipandang sering berselisih. Di negeri yang punya sebutan zamrud khatulistiwa khususnya, Satu Madzhab yang sering dianggap menyesatkan, dengan keberadaan tokoh ini mereka (madzhab tersebut) merasa mendapatkan payung perlindungan dan pembelaan. Walau pada akhirnya tokoh ini dituding sebagai orang yang berafiliasi pada madzhab ini. Tokoh ini terlihat santun dan tawadhu. Pada zaman kepemimpinan presiden yang keempat, dengan semangat reformasi ia mampu dan terang-terangan mendakwahkan sebuah paham yang selama ini disebarkan secara sembunyi-sembunyi ketingkat nasional. Hal ini bisa terlihat setelah ia mendeklarasikan sebuah organisasi yang kala itu dihadiri oleh presiden dan para pejabat negara, banyak berdiri yayasan dan cabang-cabang da’wah dipelosok negri indonesia yang berafiliasi pada paham tersebut. Yang mana pusat jamah ini berada dikota paris van java. Banyak buku yang ia karang dan susun. Ia mengisi kajian-kajian keislaman pada majlis-majlis tertentu. Termasuk memberikan pelayanan pesan hikmah melalui SMS. Tulisannya enak dan renyah untuk sibaca dan dinikmati. Karena memang ia dosen dan sekaligus pakar komunikasi di negeri zamrud katulistiwa ini. Materi-materi yang ia sajikan kebanyakan menampilkan tulisan yang berhubungan dengan masalah pencerahan jiwa (masalah tasawuf dan Irfan). Ia penah belajar dinegerinya seorang sahabat nabi yang punya jukukan al-farisi. Ia sekarang menjadi pemimpin sebuah jama’ah dan mengelola yayasan-yayasan yang mengusung paham dan keyakinan salah satu madzhab yang sering terkena teror dan Intimidasi oleh salah satu Madzab lain yang menjadi lawan dan sparing patnernya. Santri dan Jama’ah atas madzhab ini, khususnya di Indonesia makin bertambah dan banyak bertebaran. “Dan mereka para pengikutnya banyak yang berkeliaran dilingkungan WordPress.

Tokoh ketiga. Tokoh ini lebih menonjol dibidang Politik. Karena memang ia dokter politik lulusan dari chicago. Ia terkenal dipanggung politik Indonesia sebagia tokoh Amanah, jujur dan bersih. Ia pernah diberi gelar sebagi tokoh reformasi karena dianggap sebagai tokoh dari kalangan Islam yang membawa angin perubahan atas Negeri Indonesia. Dengan kendaraan politik yang berlambang matahari bersinar dilangit biru, ia pernah dicalonkan menjadi presiden Indonesia. Namun ternyata gagal untuk menduduki kursi Istana negara. Malah justru ia menduduki sebuah jabatan sebagai pimpinan yang mengangkat dan memberhentikan presiden. Pernah menjabat sebagai Ketua Umum atas Ormas islam terbesar di Indonesia dimasa orde baru. Dimana pada masa ini ia kerap dimusuhi karena dianggap kritis dengan pernyataanya yang membuat merah kuping para pejabat. Ia terlihat Kontroversialnya tatkala melontarkan gagasan dan Negara Federal. Pada masa ini ia banyak mencecar pihak dan produk buatan orde baru. Dikala Presiden yang punya julukan sebagai bapak pembangunan telah “Lengser Keprabon”. Walaupun ia sendiri sebenarnya pernah menikmati dan menduduki jabatan dimasa orde baru. Hal ini ia lakukan karena memang ia terlihat ingin banyak simpatik dan dukungan sebagai upaya untuk merebut kursi kepresidenan. Tapi untuk saat ini, setelah ia tidak menduduki jabatan kepemerintahan dan ketua umum partai yang berlambang matahari bersinar dilangit biru, ia tidak terlalu sering terlihat di arena publik. Tapi sesekali muncul dan sikap kritisnya timbul jika terihat tindakan-tindakan yang dianggap merugikan bangsa dan negara. Memang ia dianggap politisi yang jujur dan bersih. Kemarin-kemarin saja ia terlihat jujur dan mengaku telah menerima Dana Kampanye Untuk pemilihan presiden dimana ia sendiri dicalon jadi presiden yang bersanding dengan calon wakil presiden yang pernah menjabat sebagai menteri pada kabinet pembangunan masa orde baru. Walaupun sebenarnya ia telah membuat isu untuk memberi contoh bahwa sebagai pemimpin dan pejabat haruslah bersikap jujur dan bersih jika memang telah melakukan tindakan yang dianggap merugikan kepentingan negara. Untuk para pengikut dan pendukungnya, penulis belum begitu melihat sepak terjang mereka dilingkungan wordpress.com . siapa yang mau mengaku dan siapa yang tahu ?

Tokoh Keempat . Walaupun ia dianggap sebagai Tokoh Islam. Tapi justru ia banyak merugikan Kepentingan Umat Islam yang mayoritas di Indonesia. Banyak kepentingan Umat islam yang rusak gara-gara perbuatannya ini. Ia kerap menjadi pelindungan dan pemayung atas kepentingan minoritas yang nyata-nyata merugikan kepentingan Negara terlebih kepentingan Umat Islam sendiri. Ia memang terlihat kontroversial bangetnya. Kepentingan minoritas yang nyatanya sangat merugikan merasa mempunyai kekuatan untuk melakukan tindakan secara bebas. Seakan mereka berlindung dibalik sarungnya. (saya menulis seakan mereka berlindung sibalik sarungnya, karena tokoh ini pernah menjadi orang pesantrenan). Tokoh ini memang suka melawan arus. Sudah jelas satu ditambah satu adalah dua. Ia masih mengotak-atiknya dengan berbagai cara. Atau mungkin saja ini merupakan cara beliau untuk membuat sensasi. Ide-ide sekuler dan liberalnya yang ia usung selama 20 tahun ternyata hanya merupakan sebuah “PEPESAN KOSONG” saja. Yang gagal untuk diterapkan dinegara Indonesia ini. Buktinya ia tidak sampai beres untuk menjadi presiden atas sebuah negara yang punya sebutan sebagai tanah surga dan zamrud khatulistiwa . Melalui partai yang ia deklarasikan, ia kerap membuat sakit hati orang yang ada disekitarnya. Ia tendang orang-orang yang memang dianggap menjadi rintangan baginya. Hingga akhirnya orang-orang yang merasa sakit hati atas tindakan-tindakannya, menyebrang kepartai lain dan membuat partai tersendiri. Sikap narsisme timbul dalam membanggakan partai yang deklarasiakannya . Walaupun sebenarnya nama dan asas partai yang ia dirikan, dari nama dan asasnya merupakan sebuah tiruan dari sebuah partai yang sempat dipimpin oleh presiden yang telah dihukum gantung disebuah negera teluk. Sepertinya ia banyak musuh. Dan hal ini mungkin dan memang wajar karena ia sendiri yang telah menciptakan permusuhan tersebut. Namun sayang, tindakan-tindakannya ternyata diikuti oleh para pengikutnya. Pengikutnya terlihat sok over acting tatkala ia dikritis pihak lain. Sebagai mana contoh, tatkala tersebar isu pengusiran atas dirinya disebuah daerah yang ada si Paris Van Java, para pengikutnya mati-matian membela tokoh yang ia idolakan. Walaupun ia sendiri telah membantah isu dan fitnah tersebut. Ia banyak kontribusi dalam mendidirkan sebuah yayasan dan LSM. Dinegera keturunan nabi Ya’kub yang sebenarnya tidak ada dalam peta dunia. Yang keturunannya dilaknat seperti monyet karena keserakahannya. Ia tercatat sebagai pendiri dan penggagas yayasan tersebut. Apalagi dinegeri Indonesia ini. Ada LSM atau Yayasan yang ia dirikan sebagai bentuk opsisi terhadap berdirinya sebuah ormas para cendikiawan muslim yang dianggapnya sektarian. Memang tokoh ini dipandang hebat dan pandai. Dinegeri luar tempat ia menuntut ilmu, ia termasuk orang yang mendapatkan beasiswa sehingga ia dapat menempuh jalur pendidikan tanpa biaya. Ia pernah tercatat sebagai mahasiswa di negeri piramid, kemudian di universitas yang terkenal dengan sebutan negeri 1001 malam dan di salah satu universitas yang yang berpaham komunis yang punya julukan negara beruang merah. Maka jangan aneh jika gagasan dan idenya seperti islam, tapi liberal, sekuler, sosialis dan komunis. Ia dikultuslan oleh para pengikutnya yang ikut-ikutan tanpa ilmu. Penisbatan wali kepadanya, inilah yang membuat para pengikut ada semacam ta’dim atau pengagungan yang berlebih-lebihan. Orang ini memang suka membuat orang lain bingung. Suka mengadu domba. Suka menyikut dan menendang kesana kemari. Suka membuat yang aneh-aneh dan nyeleneh, Hingga akhirnya tindakan jelek yang seperti inilah yang diikuti oleh para pengikutnya. Ide-serta gagasannya banyak diikuti. Dan ternyata, para pengikut idenya banyak berkeliaran diWordpress.com juga.”

———————————————–

Perhatian : Terlarang untuk mengcopy ini tulisan karena bisa mengakibatkan salah paham. Dan Kami mohon maaf ada beberapa Posting yang kami simpan dulu. Dan Komentar-komentar yang telah disampaikan tidak kami rubah.

28 Responses to “Sekedar Info : “ Para pendukung dan Para Pengikutnya banyak berkeliaran di WordPress.com. dan Kepada para pengikutnya saya undang untuk berkomentar “ ! dan kepada yang bukan silahkan berkomentar juga”


  1. 1 Pendekar Berjubah Hitam Desember 22, 2007 pukul 6:00 am

    wow !!!

  2. 2 akhtarsajid Desember 23, 2007 pukul 1:10 am

    Nurcholis Madjid, Jalaludin Rahmat, Amien Rais, Gus Dur

  3. 3 artikelislami Desember 23, 2007 pukul 8:26 am

    Sorry, salah alamat.
    Saya tidak harusnya menghadiri undangan ini.
    Saya bukan pengikut keempat tokoh tersebut.
    Saya juga bukan pengikut Al-Albani.
    Saya pengikut Muhammad Rasulullah SAW.
    Semoga Allah mematikan saya dalam Islam.

  4. 4 StreetPunk Desember 24, 2007 pukul 8:06 am

    Kepada yang bukan pengikutnya juga diperbolehkan berkomentar, bukan?

    Saya justru baru tau bahwa ada hal-hal semacam itu.

    Undangan ini tidak ditujukan kepada saya.

    Anyway, makasih informasinya.

    ==== StreetPunk ====

  5. 5 dobelden Desember 24, 2007 pukul 8:08 am

    kok PKS nggak ada ??

    *ngloyor….

  6. 6 kurtubi Desember 24, 2007 pukul 11:50 am

    Iyaa ya PEKAES itu apa yaa…🙂

  7. 7 hariadhi Desember 24, 2007 pukul 1:09 pm

    Saya ikut mahzab Hariadhi. Pengikut pemikiran diri sendiri. Bisa masuk golongan nomor 5 ga yah. Hehehe

  8. 8 Dekisugi Desember 25, 2007 pukul 4:06 am

    dari keempat tokoh di atas, sangat mungkin ada yang pemikirannya saya ikuti sepanjang cocok buat saya. tapi bukan berarti fanatik mendukung salah satunya. saya, sih, lebih milih ngambil yang cocok dan realistis siapapun pemikirnya sambil mlengos buat yang kayaknya ga sehaluan sama pemikiran saya.

    dicampur2 dengan pemikiran lain yang juga mempengaruhi hidup saya, kayaknya keren juga kalo aliran versi saya disebut sebagai: the satrianto show!

    gyahahahahahaha…😆

  9. 9 DIALOG IMAJINER Desember 25, 2007 pukul 8:05 am

    akhtarsajid :
    Nurcholis Madjid, Jalaludin Rahmat, Amien Rais, Gus Dur

    Muhammad Rachmat :
    Bisa Jadi !
    —————————
    Artikelislami :
    Sorry, salah alamat.
    Saya tidak harusnya menghadiri undangan ini.
    Saya bukan pengikut keempat tokoh tersebut.
    Saya juga bukan pengikut Al-Albani.
    Saya pengikut Muhammad Rasulullah SAW.
    Semoga Allah mematikan saya dalam Islam.

    Muhammad Rachmat :
    Kadang kita suka mengatakan eh salah alamat. Salah undangan. Tapi suguhan diparasmanan suka kita nikmati he..he
    ——-
    StreetPunk :
    Kepada yang bukan pengikutnya juga diperbolehkan berkomentar, bukan?
    Saya justru baru tau bahwa ada hal-hal semacam itu.
    Undangan ini tidak ditujukan kepada saya.
    Anyway, makasih informasinya.
    ==== StreetPunk ====

    Muhammad Rachmat :
    Walaupun bukan pengikutnya.silahkan berkomentar.
    Dan anda jadi tahu..
    ————————–
    dobelden :
    kok PKS nggak ada ??

    *ngloyor….

    Muhammad Pachmat :
    PKS itukan partai..sedang yang dibahas diatas adalah Tokoh. Tapi ya mungkin belum waktunya untuk PKS..
    *ngeloyor….Juga
    ———————-

    kurtubi :
    Iyaa ya PEKAES itu apa yaa…🙂

    Muhammad Rachmat :
    Wah untuk PEKAES saya nggak tahu pa kurtubi..
    ada juga PKS
    —————-
    hariadhi :
    Saya ikut mahzab Hariadhi. Pengikut pemikiran diri sendiri. Bisa masuk golongan nomor 5 ga yah. Hehehe

    Muhammad Rachmat :
    Wah harus bikin yang aneh-aneh dulu…:mrgreen:
    ————————————————————–
    Dekisugi :

    dari keempat tokoh di atas, sangat mungkin ada yang pemikirannya saya ikuti sepanjang cocok buat saya. tapi bukan berarti fanatik mendukung salah satunya. saya, sih, lebih milih ngambil yang cocok dan realistis siapapun pemikirnya sambil mlengos buat yang kayaknya ga sehaluan sama pemikiran saya.

    Muhammad Rachmat :
    Ada yang ngaku tapi belum tentu..he..he

    Dekisugi :
    dicampur2 dengan pemikiran lain yang juga mempengaruhi hidup saya, kayaknya keren juga kalo aliran versi saya disebut sebagai: the satrianto show!

    Muhammad Rachmat :
    he..he…

    Dekisugi :
    gyahahahahahaha…😆

    Muhammad Rachmat :
    gyahahahahahaha…:mrgreen:
    ————————————–

  10. 10 shofhi amhar Desember 25, 2007 pukul 1:54 pm

    thanks atas undangannya ke http://www.immfaiuad.wordpress.com.

    afwan saya belum sempat baca banyak. mending ente komentari saja isi artikel kami. kami lebih senang memegang pemikiran daripada mengidolakan dan mengikuti orang per orang. terima kasih.

    shofhi amhar
    (kabid Hikmah IMM FAI UAD)

  11. 11 RETORIKA Desember 25, 2007 pukul 8:33 pm

    Hidup Arsenal FC … Arsene Wenger … OOT

    Tokoh kedua dan ke empat masih cukup masuk di saya. Yang pertama dan ke dua merupakan alternatif.

    Selama masih di koridor NKRI dan Pancasila stil okelah!

    Apasih itu PKS ? Apa bedanya dengan PSK ? … ngeloyor …

    setahu saya PSK artinya : Persatuan Sepakbola Klaten:mrgreen:

    Tapi kalo PKS itu apasih ? (kok balik lagi sih? )

    …duduk, jongkok…nugguin nih!

  12. 12 anas fauzi rakhman Desember 26, 2007 pukul 3:48 am

    saya sudah diundang
    tapi bingung mau komentar apa.
    Daripada salah komen mending diam aja deh

  13. 13 Olas Novel Desember 27, 2007 pukul 12:25 am

    Salam bro….
    Saya datang…. saya pendukung keempat-empatnya…. siapa takut…..
    Aye juga tahu keempat-empatnya….. terus mau rencananya mereka mau diapapin…??🙂
    Mendingan baca ini deh, Khutbah Imam Khomeini Mengenai Natal: http://islammuhammadi.com/id/content/view/225/1/

  14. 14 indra EMC Desember 27, 2007 pukul 3:35 am

    NETRAL GUY

    yang jelas gue gak suka ama GUS DUR (bukan gus pur di Tv :P)

    sembarangan aje dia bilang “Al Quran PORNO”

    padahal PLAYBOY lebih PORNO dari “Kitab Suci” MANAPUN !!!!!

  15. 15 savic Desember 27, 2007 pukul 3:51 am

    keempatnya orang hebat, pinter, cerdas…
    perlu kita hormati dan yang penting jangan fanatik… itu aja kok…
    -peace-

  16. 16 Mihael "D.B." Ellinsworth Desember 27, 2007 pukul 4:36 am

    Diundang.

    Dan saya masih bingung harus komentar apa..😀

  17. 17 daeng limpo Desember 27, 2007 pukul 7:50 am

    maaf pak, saya pengikut WIRO SABLENG Pendekar 212, jadi nggak ada hubungan sama ke-4 tokoh tersebut, baik sebagai saudara kandung, teman, sahabat apalagi saudara tiri. Lawan saya di WordPress hanya naruto, Si Ang, spiderman, dora emon, . Yang lainnya…. si Unyil udah keok.

  18. 18 yesusmanusia Desember 28, 2007 pukul 9:14 am

    @shofhi amhar

    Wah, keren tuh “kami lebih senang memegang pemikiran daripada mengidolakan dan mengikuti orang per orang.”

    Perlu diperluas lagi kalee…: “gak usah membenci atau mengidolakan orang, yang penting kita lihat pemikirannya”

  19. 19 rusman Desember 28, 2007 pukul 1:37 pm

    pemikiran yang bagus…🙂
    tapi sepertinya masih ada yang kurang…

  20. 20 mulut Desember 28, 2007 pukul 11:39 pm

    welgedewelbeh

    Terima kasih ya atas undangannya, dari membaca tulisan itu, mulut melihat ada kesenjangan dalam cara penulisan, ada unsur ketidak adilan dan berat sebelah, yang satu dilebihkan dari yang lain, menurut mulut ke empat orang itu orang yang baik, orang2 yang berusaha untuk berbuat baik untuk bangsa dan negaranya, dan kesimpulan terakhirnya dari mulut, penulis tulisan ini, adalah pendukung tokoh no.3, oh ya maaf jika apa yang mulut sampaikan ini tidak berkenan di hati, mulut berharap kedepannya penulis bisa bersama-sama dalam menegakkan NKRI tercinta dan berjuang untuk NKRI serta melepaskan segala atribut yang justru akan merusak NKRI tercinta.

    Salam persahabatan dan cinta untuk NKRI

  21. 21 rudyhilkya Desember 29, 2007 pukul 6:59 pm

    sekedar sedekah klik untuk nyari infu, eh ternyata begitu darurat isinya ….
    just look around around ….

    anyway thanks udah dapat undangan nyasar lewat tetangga sebelah

  22. 22 arema_syiah Desember 31, 2007 pukul 2:29 am

    Penulis pingin tenar lewat undangannya … wakakakak…
    apalagi keempat tokoh dipake senjata… waakakakak…
    jangan jangan aji mumpung niihh.. wakakakak

  23. 23 jaulah Februari 14, 2008 pukul 9:15 am

    opo maneh iki!@! main tebak-tebakan ato tembak-tembakan.

  24. 24 Abdalla Februari 16, 2008 pukul 5:45 pm

    Emosional banget. Jangan-jangan penulisnya (yang punya blog) termasuk golongan yang diikawatirkan Nabi sebagai komunitas pinggiran yang dengan lantang berani menghakimi orang lain walau hanya dengan modal satu-dua hadits. Justru itu yang merusak Islam. Bukan memberikan pemikiran alternatif seperti keempat tokoh itu, tapi hanya mampu menghujat. Mana pemikiran tandingan Anda. Kalau Anda tidak setuju Tauhid Sosial Amin Rais, Islam alternatif dari jalaludin Rahmat, Pribumisasi Islam ala Gusdur, dan Pluralismenya Nurkholish, jalan keluarnya apa. Anda memang cerdas, tapi kurang bijaksana. Masak komentar kok nggak dewasa banget. Resensi buku dianggap sampah, dimana kearifan. Betul kata Quraish Syihab, fundamentalis memang berani, tapi tidak beradab. Kalau mengkritik dengan kata-kata kotor. Lihat bukunya Hartono dan yang sepaham, isinya nggak ada yang ilmiah (secara akademis metodologis). Hanya berisi tanggapan-tanggapn atas tulisan tokoh-tokoh yang dianggap sesat. dia hampir tidak punya pemikiran alternatif lain dari pemikiran yang dicounternya itu. Saya juga bisa jika hanya seperti itu. Tokoh-tokoh yang anda sebutkan itu justru yang memberikan pencerahan. Ketahanan sebuah pemikiran akan diuji oleh pemikiran itu sendiri. Ingat, komentar mbok yang proporsional. Jangan ngawur. Justru pandangan picik seperti Anda justru akan menumbuhkan gerakan mereka. Yang objektif. Baca dulu buku mereka, baru komentar. Oke!

  25. 25 pulsa bisnis Maret 3, 2008 pukul 12:54 am

    ga tau mau komentar apa,
    soalnya sbenarnya tujuan blog ini apa ya

  26. 26 deanet Maret 7, 2008 pukul 3:53 pm

    ID Konten yg bagus ..
    maap g sempet byk baca artikel n comment
    n maap lagi, apakah ini dalam rangka ikut BOTD Top Post ???😀

  27. 27 numpang rembug April 25, 2008 pukul 4:01 am

    mboh loo …

    Ikuti ISLAM pasti SELAMAT,

    JANGAN ikut yang lain seperti Liberalisme, Sosialisme, Komunisme, Nasionalisme, Demokrasi dan lain sebagainya.

    ” Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu dan telah Ku-cukupkan kepadamu nimat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agamamu ” (QS. Al-Maidah : 3)

  28. 28 Pasadena Oktober 12, 2009 pukul 4:03 am

    Tokoh yang nomor 4 bukannya sesepuhnya Ahlulssunnah Wal Jama’ah berarti……


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Santri Yang Kabur

  • 22,958 Santri

Obyektif – Hiburan – Tidak menebarkan kebencian

Klik tertinggi

  • Tak ada

Perjalanan Waktu

Desember 2007
S S R K J S M
    Jan »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

%d blogger menyukai ini: